Semarak Wisuda KB-TKIT Mutiara Hati tahun 2023
June 15, 2023
Sop Bullying ! Seminar P5 Siswa SDIT Mutiara Hati Malang
June 24, 2023
Show all

Belajar Menjadi Bermakna dengan Aksi Nyata

 

Oleh: Teacher Sriati, S.Pd. (Waka Kurikulum SDIT Mutiara Hati)

Pembelajaran merupakan proses yang berkesinambungan, mulai dari mengumpulkan informasi, mengolahnya dan pada akhirnya membawa dampak bagi kehidupan siswa. Melalui kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan memiliki tambahan pengetahuan, mampu memahami konsep dan memiliki keterampilan untuk mengimplementasikan ilmunya dalam kehidupan. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran hendaknya memunculkan rasa kepemilikan dalam diri para siswa terhadap hasil pembelajarannya.

Salah satu cara untuk memunculkan rasa kepemilikan siswa terhadap hasil pembelajaran siswa adalah melalui aksi nyata. Apa bentuk aksi nyata yang dapat dilakukan siswa Sekolah Dasar? Contoh aksi nyata siswa SD Islam Terpadu Mutiara Hati yang telah mempelajari tentang hemat energi, adalah menghasilkan poster yang digunakan sebagai ajakan untuk menerapkan perilaku hemat energi di lingkungan keluarga.

Berawal dari pemahaman tentang pentingnya menghemat energi, siswa diajak untuk mangamati kebiasaan anggota keluarganya, apakah semua anggota keluarga telah menerapkan perilaku hemat energi atau belum. Dari pengamatan itu, siswa menemukan beragam kebiasaan, mulai yang sudah baik, cukup baik dan yang perlu diperbaiki. Dengan melibatkan orang tua sebagai teman diskusi, siswa mencoba untuk mengidentifikasi permasalahan, memilih permasalahan yang paling utama untuk diselesaikan, sampai akhirnya menentukan solusi yang dapat dilakukan.

Membersamai siswa untuk melewati proses pembelajaran hingga mereka mampu melakukan suatu aksi nyata, adalah pengalaman yang membahagiakan. Memiliki kesempatan untuk mengajak siswa melakukan aksi nyata,sungguh sangat bermakna. Bermakna karena dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk memberi manfaat bagi orang lain, sesuai kapasitasnya sebagai seorang siswa SD.