TIPS MENYIAPKAN KEBERHASILAN oleh Dr UMI DAYATI, M.Pd
March 6, 2016
Asyiknya Belajar Membuat Tempe & Kripik Tempe
March 24, 2016

Observasi Penerimaan Siswa Baru SD ISLAM TERPADU MUTIARA HATI TA 2016-2017

Observasi penerimaan siswa baru SD ISLAM TERPADU MUTIARA HATI tahun pelajaran 2016-2017

Alhamdulillah kegiatan observasi hari sabtu 19 Maret 2016 telah berjalan dengan lancar. Kegiatan di mulai pukul 07.00 wib dan diakhiri pukul 11.30 wib. Pelaksanaannya dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama di mulai pukul 07.15 wib dan sesi ke dua dimulai pukul 09.15 wib. Jumlah peserta observasi pada tahun ajaran 2016-2017 sebanyak 44 siswa, dengan jumlah kehadiran 42 anak yakni 25 anak laki-laki, dan 17 anak perempuan.

Ada yang berbeda dari kegiatan observasi kali ini dibandingkan dengan kegiatan observasi periode kemarin. Untuk kegiatan observasi pada periode kemarin terdiri dari 5 pos yang meliputi Pos Membaca dan Menulis (Calis), Pos Berhitung dan Keterampilan, Pos Hijaiyah dan Hafalan, serta Pos Psikomotorik. Nah, Untuk observasi pada periode ini ada tes “finger print”. Sudah pada tahu tentunya apa kegunaan dari tes finger print ini.

Sejenak mari kita review kegiatan menarik yang terjadi di masing-masing Pos.

Pos 1 yang merupakan pos membaca dan menulis. Ini merupakan pos pertama yang di dampingi oleh spesialis teacher-teacher kelas 1 yaitu teacher Tini, teacher Muna dan teacher Anis.

Masuk ke pos ini terasa seperti berada di kebun buah-buahan. Ada buah Apel, Semangka, Rambutan dan beberapa buah yang lainnya. Ibarat ada di kebun buah kita bisa melihat berbagai macam buah-buahan, namun buah-buahan ini tidak bisa kita nikmati karena buah-buah tadi hanya digunakan sebagai bahan untuk menguji sejauh mana para peserta mengetahui nama buah-buah yang ada dalam pos ini. Para peserta observasi diberi clue tantang buah tersebut kemudian diminta untuk menebak dengan menuliskan nama buah tersebut. Hasilnya, ada peserta yang mampu menebak dan menuliskan nama buah tersebut dengan benar bahkan ada yang sekaligus menggambarkan bentuk buahnya, namun ada pula yang sangat kesulitan untu menuliskan buah yang ditebak tersebut karena belum bisa menebak apa yang dituliskan dalam clue tersebut. PR sementara untuk teacher-teacher nih, ada calon peserta didik yang masih kesulitan untuk membaca dan menulis. Semangat !!

Selanjutnya kita jalan-jalan ke Pos 2. Pos yang didampingi oleh teacher senior, yaitu teacher Sri dan teacher lila, teacher pengajar kelas 2 dan teacher Maya. Di Pos ini para peserta di tes kemampuan menghitung, membilang, mengurutkan angka dan melatih ingatan dengan mengulang urutan nama benda yang sudah disusun oleh teacher. 

Perjalanan dilanjutkan ke Pos 3. Nah di Pos 3 kita bertemu dengan teacher Endah, taecher Nurul, dan teacher Mimin. Kita mewarnai macam – macam bangun datar dengan crayon kemudian digunting dan ditempel ditempat yang sesuai.

Kita lanjutkan perjalanan menuju Pos 4 yaitu Pos Hijaiyah dan Hafalan yang di didampingi oleh teacher Ulif, teacher Sulis dan teacher Nina. Kegiatan di pos ini, membaca huruf hijaiyah dan hafalan surat pendek.

Nah kita sampai pada pos terakhir yaitu pos 5. Di pos 5 kita akan bertemu dengan teacher Yanuar, teacher Benny, teacher alif dan teacher Ayib. Disana bersama teacher ayib kita belajar menali sepatu dengan media kertas karton, dilanjutkan dengan melompati bata, serta diakhiri dengan kegiatan lempar dan tangkap bola.  

Kegiatan terakhir adalah tes finger print untuk mengetahui karakter calon peserta didik.

Next …kalian adalah tumpuan bangsa yang akan menggemparkan Indonesia menuju Indonesia Emas, semoga Iman dan Taqwa selalu menyertaimu sampai akhir hayat menjemput !!!