STUDY TOUR KE MALAYSIA & SINGAPURA
April 8, 2017
Silaturahim Syawal Yayasan Pendidikan Islam Terpadu Mutiara Hati tahun 1438 Hijriyah
July 23, 2017

MOS (Masa Orientasi Siswa) tahun 2017

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

 Alhamdulillah pengenalan lingkungan sekolah melalui kegiatan MOS SD Islam Terpadu Mutiara Hati tahun pelajaran 2017-2018 yang diikuti 46 peserta didik baru kelas 1 telah terlaksana pada tanggal 17-21 Juli 2017. Konsep MOS tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika di tahun-tahun sebelumnya, lebih banyak kegiatan pembelajaran membaca, menulis,  berhitung dan berkarya seni di kelas di kelas. Kegiatan Masa Orientasi Siswa Baru pada tahun ini lebih menekankan pada pengenalan prosedur aturan baik di dalam atau di luar kelas dan anjuran untuk pembiasaan di rumah. Kegiatan pengenalan lingkungan sekolah pada Masa Orientasi Siswa Baru ini diawali dengan pengenalan para teacher dan teman-teman, ruangan-ruangan kelas, pembagian area dlm kelas, fasilitas-fasilitas umum dan aturan pemakaiannya, aturan dan prosedur aturan di dalam dan luar kelas, tata cara shalat sesuai tuntunan Rasulullah, adab-adab di masjid dan perpustakaan. Sampai penentuan struktur pengurus kelas dan jadwal piket kelas. Alhamdulillah, semua peserta didik baru aktif dan bersemangat mengikuti setiap kegiatan.

 Pada hari pertama MOS, peserta didik baru mengikuti upacara pembukaan MOS yang dilanjutkan dengan acara halal bi halal antara guru dan siswa. Para peserta didik diingatkan kembali tentang adab bersalaman dengan orang tua, saat salim, tangan orang tua ditempelkan pada hidung atau mulut atau dahi, bukan pipi atau pelipis.😊

Ananda juga mengenal active listening (posisi tubuh saat menyimak/mendengarkan org lain); mata memandang pembicara, badan agak condong ke depan dan telinga sedikit dimajukan.

 Hari kedua, dilanjutkan dengan pengenalan area kelas dan prosedur aturan sekolah. Beberapa prosedur aturannya, antara lain:

 1. Meletakkan barang

 ✅ Setiap barang diletakkan pada tempatnya:

1. Sepatu diletakkan di rak sepatu

2. Tas diletakkan di belakang kursi

3. Saat masuk, topi diletakkan di dalam tas

4. Setelah memakai barang, mengembalikan ke tempat semula (buku, gunting, krayon dll)

*Aplikasi di rumah:*

✅ Di rumah, ananda dianjurkan untuk terbiasa juga meletakkan barang pada tempatnya (jika belum tersedia, bisa mulai disediakan), di mana tempat sepatu, tempat tas, tempat buku dll. Setiap hari bisa dibiasakan untuk itu😊

2. Melakukan kegiatan pada tempat yang sesuai

Ada 5 area yg dikenalkan di kelas:

1. Area belajar

2. Area simulasi

3. Area perpustakaan (sudut baca kelas)

4. Area perlengkapan kelas

5. Area perlengkapan pribadi

6. Area bermain

Area belajar (meja-kursi) diperuntukkan untuk belajar, bukan bermain. Anak-anak boleh bermain di area bermain tapi tidak saat pembelajaran. Area simulasi utk menampilkan sesuatu, bermain peran, demonstrasi dll, bukan tempat untuk bermain, apalagi saat pelajaran. InsyaaAllah tidak ada larangan untuk ananda beraktivitas/berekspresi asal sesuai waktu dan tempatnya.

3. Prosedur berjalan di lingkungan sekolah

✅Wajib berjalan di setiap lantai berkeramik (kelas/masjid/teras) dan permukaan menurun (tangga), tidak boleh berlari.

Boleh berlari di paving yg permukaannya datar/lapangan.

Kegiatan MOS pada hari ketiga adalah pengenalan prosedur aturan saat sholat dan adab saat ke kamar mandi, yang diawali dengan senam anak sholeh di pagi hari.

Tata Cara Shalat sesuai tuntunan Rasulullah SAW yang diajarkan pada peserta didik, yakni:

1. Berdiri, Lurus dan rapat (telapak kaki merapat dan lurus dg telapak kaki teman, usahakan pundak juga lurus dg pundak), pandangan ke tempat sujud

2. Niat di dalam hati

3. Takbir, telapak tangan mnghadap kiblat, ujung jari sejajar telinga atau pundak

4. Bersedekap, tangan kanan di atas tangan kiri

5. Bacaan Al fatihah, butuh didrill ulang

6. Ruku’, punggung lurus dg kepala, tangan memegang lutut, kaki lurus

7. Sujud, dahi, hidung dan mulut menempel ke tempat sujud, telapak tangan terbuka dan menempel ke lantai, siku diangkat. Telapak kaki tegak, ujung jari kaki menyentuh lantai

8. Duduk di antara dua sujud, kaki kiri diduduki, kaki kanan tegak, ujung jari menyentuh lantai. Tangan di atas paha

9. Duduk tahiyat akhir, duduk pada lantai, kaki kiri masuk di bawah kaki kanan. Telapak kaki kanan tegak

10. Salam, ke kanan dulu, sampai terlihat sebagian pipi kiri, setelah itu salam ke kiri

 

*Prosedur ke kamar mandi*

1. Berdo’a sebelum masuk kamar mandi

2. Melangkahkan kaki kiri dulu saat masuk kamar mandi, memakai sandal

3. Melepas celana dan celana dalam lalu menggantungkannya di gantungan baju

4. BAK/BAB di kloset dengan posisi jongkok

5. Bersuci (cebok) dengan tangan kiri sampai bersih, air diguyur pada bagian tubuh yang disucikan, bukan tangan dicelup ke gayung dan cuma diusapkan

6. Menyiram kloset sampai bersih

7. Mencuci tangan dengan sabun

8. Memakai celana

9. Melangkahkan kaki kanan saat keluar kamar mandi

10. Membaca do’a keluar kamar mandi setelah ada di luar.

Pada hari keempat MOS ada pengenalan kegiatan mengaji di sekolah, yaitu:

1. Pengenalan huruf hijaiyyah

Bentuk kegiatannya adalah menempelkan huruf-huruf hijaiyyah pada pohon hijaiyyah. Pelaksanaannya, teacher menunjukkan huruf hijaiyyah berharakat fathah, peserta didik yang tahu bacaannya, mengangkat tangan, dipanggil namanya oleh teacher terlebih dahulu, baru menjawab. Jika jawabannya benar, peserta didik bisa mendapatkan huruf hijaiyyah tersebut utk digunting dan diberi double tip. Setelah semua anak mendapat huruf hijaiyyah, berkumpul di depan pohon hijaiyyah, menyanyikan nasyid a-ba-ta… ya lalu menempelkan huruf hijaiyyah sesuai urutan. Peserta didik mengamati dan mencari huruf yang hilang (trnyata huruf ha) lalu menempelkannya. Kegiatan berikutnya, peserta didik mengamati huruf yang belum ada fathahnya, lalu memberi tanda fathah pada huruf hijaiyyah tersebut dengan boardmarker. Setelah itu semua peserta didik membaca bersama-sama. Ada juga variasi kegiatan, menjadi kereta huruf hijaiyyah yang mengumpulkan huruf hijaiyyah yang tersebar di dalam kelas.

Setelah istirahat, ada test mengaji individual utk kroscek data capaian mngaji terakhir di rumah, dilanjutkan dengan membaca ummi secara klasikal dengan diawali dan diakhiri do’a, menirukan dg tempo yg cepat. Alhamdulillah peserta didik banyak yang sudah bisa. Anak-anak mengikuti pembelajaran dengan tertib dan semangat, MasyaaAllah 😊👍🏾👍🏾👍🏾

Pada hari terakhir MOS SD Islam Terpadu Mutiara Hati, anak-anak berkesempatan untuk melaksanakan sholat Dhuha di masjid (untuk sehari-harinya sholat Dhuha di kelas masing-masing), dilanjutkan  dengan berkunjung ke perpustakaan sekolah dan mengenalkan tata tertib membaca di perpustakaan, antara lain:

1. Meletakkan sepatu dengan rapi

2. Mengucap salam saat masuk ruang perpustakaan

3. Mengisi buku daftar hadir pengunjung perpustakaan

4. Antri mengambil buku dengan tertib dan mengingat tempat bukunya

5. Membaca buku di tempat dengan duduk rapi

6. Menjaga buku yang dibaca dengan penuh tanggung jawab (tidak melipat, menyobek, mengotori, melempar dll)

7. Jika belum khatam, tidak diperkenankan ganti buku yg lain

8. Jika waktu berkunjung ke perpustakaan sudah habis, siswa harus mengembalikan buku *ke tempat semula* dengan rapi.

9. Mengucapkan terima kasih kasih pada petugas penjaga perpus

10. Meninggalkan perpustakaan dengan tertib

Penutup kegiatan Masa Orientasi Siswa Baru adalah membuat janji untuk menjadi anak SD yang hebat ke depannya. Semoga SD Islam Terpadu Mutiara Hati bisa memfasilitasi peserta didiknya menjadi generasi Rabbani yang berkarakter mulia. Aamiin…

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.