KUNJUNAGAN PERPUSTAKAAN KELILING KE SEKOLAHKU
August 23, 2017
USBN 2018 Jujur dan Berprestasi
March 5, 2018

MANASIK HAJI CILIK SD ISLAM TERPADU MUTIARA HATI

Labbaik Allahumma labbaik, labbaika la syarika laka labbaik. Innal hamda wanni’mata laka wal mulka, La syarikalak….

Aku datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah, aku datang memenuhi panggilan-Mu, aku datang memenuhi panggilan-Mu tidak ada sekutu bagi-Mu, aku datang memenuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji ni’mat dan segenap kekuasaan adalah milik-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu….

Haji merupakan rukun islam yang ke lima. Ibadah haji adalah wajib bagi seluruh kaum muslimin yang memiliki kemampuan secara finansial, fisik dan aman dalam perjalanan, dan ini membuktikan sebagai ibadah yang luar biasa dan kompleks karena membutuhkan kekuatan fisik mental dan finansial yang secara logika tidak mungkin dapat dilaksanakan oleh orang yang tidak berduit banyak, namun bagi kita yang beriman hal itu sangat mungkin karena bagi Allah swt sang penguasa alam ini sangatlah mudah dan berkuasa, ingat dengan Allah tidak ada yang tidak mungkin hanya lagi-lagi itu bagi orang imannya sudah mencukupi.

Karena ibadah haji merupakan ibadah yang mahal, mahal dari segi biaya materi dan mahal dari segi persiapan mental serta pengorbanan, untuk itu semestinya pelaksanaan ibadah ini sudah harus dipersiapkan sejak dini

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh SDIT Mutiara Hati sebagai bentuk pengenalan ibadah haji kepada anak-anak didik dari sejak dini adalah kegiatan manasik haji, ini sudah masuk dalam kurikulum sekolah setiap tahunnya. Kegiatan manasik haji ini juga dibuat semirip mungkin dengan kegiatan ibadah haji yang sebenarnya, dari mulai memakai pakaian ihram,niat haji, membaca bacaan talbiyah (labbaikallahumma labbaik……….), wukuf, melempar jumroh, thawaf, sai’i, tahalul.

Tujuan diadakannya manasik haji ini adalah untuk :

    1. Memberikan pemahaman ilmu dasar manasik haji kepada siswa juga diharapkan dapat berimbas kepada orangtua siswa sehingga yang sudah mampu untuk melaksanakan ibadah haji memiliki ketertarikan untuk melaksanakan rukun islam ke-5 tersebut.
    2. Karena anak-anak memiliki daya ingat yang kuat, diharapkan juga dengan adanya kegiatan ini bisa merangsang mereka jika sudah dewasa kelak untuk berkeinginan (niat) melaksanakan ibadah haji.

Alhamdulillah pelaksanaan manasik haji  SD Islam Terpadu Mutiara Hati telah dilaksanakan pada hari jumat tanggal 25 agustus 2017 dengan lancar meskipun masih banyak kekurangan disana-sini. Praktek manasik untuk jenjang kelas atas atau kelas 4-6 yang tempatnya dilaksanakan di halaman sekolah SD Islam Terpadu Mutiara Hati dan disetting semirip mungkin dengan pelaksanaan ibadah haji sesungguhnya mulai dari memakai baju ihrom, miqot niat haji dan umroh, thoawaf mengelilingi ka’bah, minum air zam-zam (insyaAllah asli), sai dari bukit shofa dan marwa, tahalul atau menggunting rambut, wukuf di arofah, mabit mencari kerikil di muzdalifah dan lempar jumrah Ula wustho dan aqobah di Mina, serta thowaf ifadah sebagai akhir kegiatan manasik ini.

Sedangkan untuk jenjang kelas bawah atau kelas 1-3 berupa kegiatan workshop yang berhubungan dengan pelaksanaan ibadah haji dan umroh dan diisi dengan kegiatan dongeng pematerinya adalah kak Bagus yang menceritakan tentang asal muasal ibadah kurban, game dan mewarna yang di pandu oleh para teacher.