AKU BISA BUAT VAS BUNGA
September 28, 2014
SHILATURAHIM SYAWAL 1430H
September 28, 2014

ASYIKNYA MEMBUAT TELUR ASIN

Cuaca cerah tak datang pada pagi ini. Sepertinya matahari pun masih malu-malu menampakkan dirinya. Namun demikian tidak menurunkan semangat siswa-siswi SDIT Mutiara Hati untuk melaksanakan Fun Class hari ini. Ya! Hari ini, Kamis, 19 juni 2014 adalah Fun Class terakhir di semester 2 pada tahun ajaran 2013/2014 yaitu berkunjung ke tempat pembuatan telur asin. Lokasi tempat pembuatan telur asin ini berada di daerah Bamban, Asrikaton. Diikuti sekitar 59 anak dari kelas 2 dan 3 dan didampingi oleh 6 teacher, kegiatan Fun Class ini sangat seru sekali lho!

Anak-anak datang langsung menuju PP Darul Ukhuwah pukul 07.00. Lalu menuju mushola di dekat PP Darul Ukhuwah untuk melaksanakan sholat Dhuha bersama. Setelah pukul 07.30, anak-anak menuju tempat pembuatan telur asinnya. Nah! Tempat pembuatan telur asin itu adalah di rumah Bu Wati. Sebelum memulai praktek membuat telur asin, anak-anak berkenalan dulu dengan Bu Wati. Kemudian Bu Wati menjelaskan langkah-langkah pembuatan telur asin.

Hasil penjelasan dari Bu Wati untuk langkah-langkah dalam pembuatan telur asin adalah sebagai berikut:

Tahap pertama : Kita harus membersihkan telurnya dengan air terlebih dahulu. Telur yang di pakai untuk telur asin adalah telur bebek.

Tahap kedua : Setelah semua telur bersih, kita siapkan abu yang di campur dengan garam. Kemudian kita buat adonan dengan menambahkan air. Lalu kita bungkus telur tadi dengan adonan abu sampai kulit telur tidak terlihat.

Oh ya! Abu yg digunakan tadi bukan abu vulkanik lho yaa.. dan Bu Wati memang tidak membuat telur asinnya dengan batu bata.

Tahap ke-tiga : Setelah semua telur terbungkus dengan abu, lalu telur didiamkan selama 5 hari. Tidak boleh lebih. Kalau lebih nanti bisa keasinan.

Tahap ke-empat : Setelah didiamkan 5 hari, bungkusan telur dengan abu tadi di bersihkan dengan air.

Tahap ke-lima : Setelah semuanya bersih, lalu telurnya masak. Tunggu sampai matang. Lalu siap di makan deh..

Oh ya! Satu lagi, agar orang lain tahu telur asin tadi hasil buatan dari mana, maka telur-telur asinnya bisa diberi stempel.

Alhamdulillah semua anak melakukan tahap-tahap pembuatan telur asin tadi dengan penuh semangat. Setelah menyelesaikan tahapan-tahapan tadi, anak-anak beristirahat. Setelah beristirahat, anak-anak dikumpulkan dan berbaris sesuai kelasnya masing-masing. Nah! Disini ternyata ada doorprize dar teacher buat anak yang bisa menyebutkan tahapan-tahapan membuat telur asin dengan benar. Dan yang mendapatkan doorprize nya adalah Mas Mis’al. Selamat ya sayang!

Setelah itu anak-anak berdo’a untuk pulang. Wah! Hari ini sangat seru sekali pengalaman membuat telur asinnya..

Sampai jumpa di Fun Class berikutnya… J