Observasi Penerimaan Siswa Baru SD ISLAM TERPADU MUTIARA HATI TA 2016-2017
March 19, 2016
PERJUSA (perkemahan Jum’at Sabtu)
August 19, 2016

Asyiknya Belajar Membuat Tempe & Kripik Tempe

Hari kamis kemarin, tanggal 24 Maret 2016, kelas IV Saad dan Khadijah mengadakan kegiatan outing di industri pembuatan kripik tempe Sanan. Kegiatan ini diadakan sebagai kegitan puncak Tema 8 (Tempat Tinggalku). Walaupun masih pagi, tapi semangatnya luar biasa loh tmena-teman.Teman-teman sudah mulai datang di TKP pukul 07.00 pagi. Setelah menunggu beberapa waktu dan semua teman-teman terkumpul, teman-teman kelas IV, Tc. Nurul dan Tc Nina menuju ke kediaman Pak Kariono. Bapak Kariono itu yang memiliki usaha kripik tempe.

Sampai di tempat tujuan, kami disambut oleh Ibu Kariono. Hari ini beliau yang akan mengajarkan bagaimana cara pembuatan kripik tempe. Waaah, ternyata ada hal baru yang membuat kami kagum pada keluarga Bapak Kariono. Jadi ternyata, keluarga Bapak Kariono tidak hanya membuat kripik tempe. Tapi Beliau sekeluarga juga membuat tempe, kemudian diolah menjadi kripik tempe, dan ampas dari pengolahan tempe tidak dibuang loh teman-teman. Ampasnya digunakan sebagai pakan sapi. Beliau sekeluarga mempunyai 15 ekor sapi. Waaaaaaah, banyaknyaaaa. Benar-benar bermanfaat semua kan? Tidak ada yang terbuang dan yang paling penting tidak mencemari lingkungan.

Alhamdulillah, Ibu Kariono menjelaskan semua detail pembuatan tempe dengan jelas. Mulai dari proses perendaman, pemberian ragi dan fermentasi. Setelah proses pembutan tempe selesai, barulah tempe yang sudah jadi tersebut diolah menjadi kripik tempe. Proses pembutan kripik tempe, dimulai dari pengirisan, pembuatan adonan, penggorengan, dan pengepakan. Begitulah keseluruhan proses pembuatan kripik yang disampaikan Ibu Kariono. Alhamdulillah, kemarin sambil mendengarkan penjelasan, teman-teman kelas IV juga boleh makan kripik tempe. Gratis lagi. Hehehe.

Kegiatan kami tidak hanya sampai disitu. Setelah selesai, kami segera pamit dari rumah industri keluarga Pak Kariono. Kami menuju masjid untuk membaca alma’tsurat dan menunaikan sholat dhuha. Walaupun jalan-jalan sambil belajar, harus tetep ingat sama ibadah ya teman-teman. Sampai di masjid kami langsung mengambil wudhu, membaca al ma’tsurat, sholat dhuha dan mendengarkan taujih dari teacherc. Nina. Setelah semua selesai, kami diperbolehkan untuk pulang. Alhamdulillah…. Senang sekali bisa jalan-jalan sambil belajar hal yang baru. Sampai jumpa lagi di kegiatan berikutnya….. See youuuu J